i'll be there for you

i'll be there for you

Selasa, 22 Desember 2009

Strategi Pengembangan Kualitas Koperasi

Pada era globalisasi ini menjadikan persaingan usaha yang semakin lebar. Koperasi merupakan salah satu pelaku dalam ekonomi yang harus memiliki keunggulan agar dapat berlomba dengan pelaku usaha lainnya.

Pada saat ini jumlah koperasi-koperasi baru, terus melonjak (meningkat). Tapi kondisi ini justru mengalami penambahan yang lebih besar jumlah koperasi yang tidak aktif (mati atau tidak berjalan lagi).

Adapun permasalahan-permasalahan yang suka dihadapi koperasi, yaitu masalah organisasi & manajerial, permodalan & rendahnya kualitas SDM yang telah mengelola, karena itu koperasi berjalan kurang inovatif.

Oleh karena itu koperasi perlu pengembangan lebih lanjut dari lembaga ekonomi lainnya. Strategi yang bisa dilakukan dengan melakukan inovasi terhadap usahanya. Sehingga yang ditawarkan koperasi yaitu sesuatu yang unik dan memperbanyak peluang usaha lainnya.

Strategi inovasi ini akan optimal dengan dimulai dari organisasi koperasi, Profesionalitas pengelola, dan anggota yang aktif dengan mamiliki jiwa intrapreneurship, karena koperasi merupakan lembaga yang dibangun oleh anggotanya. Semakin anggotanya berusaha dengan baik, koperasi akan semakin baik.

Jenis koperasi yang berbeda-beda menjadikan koperasi yang harus mempunyai keunggulan dan keunikannya tersendiri. Koperasi dapat juga bekerja sama dengan universitas-universitas agar koperasi itu sendiri dapat berkembang dengan kualitas yang baik.

Fungsi koperasi dalam pengembangan koperasi dapat diperbesar. Maksud ini koperasi harus menguasai pasar, modal, dan tekhnologi. Jika koperasi bisa memahami dan melakukan fungsi tersebut, Koperasi akan memiliki kemampuan meningkatkan usahanya.

Semakin besar penembangan yang dilakukan koperasi, semakin besar manfaat yang diperoleh anggota koperasi dan masyarakat. Sehingga kepercayaan, kepedulian masyarakat terhadap koperasi semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar